Kamis, 21 April 2011

Renderasi & Animasi 3D Pert 5 (Kamis-21 April 2011)

Kelanjutan dari pertemuan ke 4 (14 April 2011)
Animasi :

Langkah Pembuatannya sebagai berikut :

Buka aplikasi 3D
Buka pekerjaan yg terakhir dikerjakan pada tanggal 14 April 2011.
pilih menu file>new
pd jendela New Scene pilih keep object and hieracty.
lalu klik ok.


Pastikan animasi yg dibuat telah dibuang dengan mencoba
menjalankan tombol play.
klik object tap pd tab panel.
klik ikon Sphere.

Di tengah-tengah Perspective vieport buat bola
dengan menekan tombol kiri mouse kebawah lalu drag menjauhi titik awal.
Pd create panel > Parameters rollout, ganti Radius=50 lalu tekan enter.

Gunakan Move & Selection dan pindahkan bola
pd Top dan Front viewport untuk memindahkan bola
tepat ditengah ruang dan diatas lantai.
Pd Create Panel>rollout Name and color,
klik kotak kecil berwarna disebelah nama object sphare01.
Pilih warna orange lalu klik ok.

Ganti nama sphare01 menjadi Orange dan tekan enter.
klik kanan pd label left vieport.
pilih menu Views> extended> Asset Manager.
(Cari folder Network pmultimedia/adil)
cari file orangetex.jpg)

gambarnya sbb :
klik dan drag orangetex.jpg ke object bola, lalu lepas tombol mouse.
pd Panel Modify > rollout Parameters, ganti segment=50.

Klik kanan pd Perspektive viewport, dari menu Rendering pilih Render.
Dalam kotak dialog Render Scene, klik render.

tutup jendela rendering.

Pada main Tool Bar, klik Material Editor atau tekan M pada keyboard.
pilih sample material pertama atau sample material yang masih kosong.
(contoh pada :sample ke2 dengan nama Material #2)

Kilk tombol Pick pd material from object ("eyedrooper")
disebelah nama material.
Pindahkan cursor dari Material editor ke perspective viewport

tepat diatas buah jeruk lalu klik.

Ganti nama material menjadi orange panel lalu enter.
klik rollout Blinn Basic.
Parameters untuk menutupnya.
dan klik Rollout Maps untuk membukanya.

Pd roolout maps.
seret/drag Diffuse map(orangetex.jpg) ke Bump channel, dan lepaskan tombol mouse.

klik Instance lalu Ok.
Tentukan pd kotak masukan channel Amount Bump=-100.
coba render pekerjaan material.
perkecil material editor.
kembalikan vieport Asset Manager menjadi left viewport.


Rubah viewport perspective menjadi camera viewport.
atur camera pd Top dan front viewport sehingga tampilan camera01
menjadi satu tampilan utuh buat jeruk.
Aktifkan tombol Animate.Pindahkan track roll dari 0/100 ke 50/100.
gerakan kamera menjauh dari object jeruk hingga terlihat
label nama di dinding.


Non aktifkan tombol animate.
Tekan ctrl + shift dan klik drag track abu-abu pd 0/100

yang berubah menjadi track putih.
coba jalankan tombol play.

Jika animasi telah sesuai klik menu rendering>render Atur Time output pd Active Time Segment 0 to 100 atau Reng 0 to 100.
Atur Output size 640x480.
klik tombol files.....

Beri nama masing-masing dan pastikan penyimpanan dalam format *.avi.
tekan tombol save pd jendela video compression

biarkan setingan yang ada pd cinepak codec by Radius, lalu klik ok.
pastikan viewport camera01,klik tombol render.

tunggu sampai selesai Renderasi pd camera01.
Tutup jendela Renderesi.
lik menu file>Save As
Beri nama masing-masing dan pastikan format penyimpanan adalah *.max

Tidak ada komentar:

Posting Komentar