Renderasi dan Animasi 3D

RENDERENSI  dan ANIMASI 3D (PERT 2)

buka aplikasi 3dmax
pilih tab shape
pilih icon text
buka panel parameter
klik pada text area
ganti text max text dengan nama masing2.

ruah size 10
klik pada front viewport.

pada area pembesaran klik icon zoom extents all.

beralih ke panel modify.
pilih tombol extrude
rubah amount pada roll up parameter menjadi 10
kembali klik zoom extends all.

aktifkan perspective viewport
pilih icon zoom.sempitkan area perspective untuk object text.tekan f9

tutup jendela perspective frame.
pilih tab main toolbar
pilih icon select object dan klik object text.

pada panel modify disebelah text01 klik warna dan pilih warna yang diinginkan tekan f9

aktifkan top viewport
pada tab main toolbar pilih icon select and move
klik object text di top viewport,lalu geser keatas sejajar sumbu y.
(perhatikan perubahan di viewport lainnya saat menggeser)

pilih menu rendering
klik tombol render.
tutup jendela top frame
masih pada jendela render scene rubah viewport menjadi perspective dan tekan tombol render.
tutup jendela perspective frame.
tutup jendela render scene.klik zoom extents all.
perluastop viewport
pilih top viewport dan klik zoom,lalu klik drag pada top viewport
perluas hingga tampilan object mengecil 20%

pilih tab objects
pilih icon box
klik sebelah kiri atas top view port lalu drag diagonal sebelah kanan bawah top viewport lalu lepas tombol dan tentukan ketinggian box kira2 10 point lalu klik.

aktifkan perspective viewport dan tekan f9

aktifkan tab lights dan cameras
pilih icon target spot.
aktifkan top viewport
kilk drag dari kiri bawah viewport menuju object text.
klik icon zoom extents all.
aktifkan main toolbar dan pilih select and move
pada front viewport pilih lampu dan drag sedikit ke atas.

aktifkan perspective viewport dan tekan f9

klik kanan pada lampu
klik cast and shadow.kembali tekan f9

kembali ke tab lights and cameras pilih icon omni lights
kil sebelah kanan top viewport
gunakan icon select and move dan pindahkan omni lights pada front atau left viewport sedikit ke atas coba f9 pada perspective.