Jumat, 13 Mei 2011

Renderasi & Animasi 3D-Pert 7 (Kamis- 12 Mei 2011)

Buka aplikasi 3D
Buka pekerjaan yang terakhir dikerjakan

Pilih buah apel di dalam kamera viewport
CTRL + Klik kanan pada buah apel
pilih Isolate Tool

Pada tab objects, klik cylinder

beralih ke panel modify >
rollout object type.
Aktifkan autogrid
Dalam Top viewport, geser kursor ke atas buah apel.
Geser keluar cylinder pada bagian atas buah apel

Ganti warna Cylinder menjadi hijau, lalu beri nama = stem.

pada rollout parameters untuk cylinder, tentukan nilai radius 1
height=24
height segment =12

pada rollout object type, matikan autogrid

pada tab modifier, klik bend

pada rollout parameters, sesuaikan sudut tekuk
pada tangkai apel, plus atau minus 90

pada kotak dialog isolated, klik exit isolated

pilih menu file > save as

Beri nama masing-masing, pastikan format penyimpanan adalah *.max
Klik tombol save ..

pilih menu file > Reset ?
pilih tombol yes

klik menu file > open.
(cari file still_life0.max yang terdapat pada folder network Share bahan atau bisa didapatkan pada flashdisk yang disediakan).
klik open

klik menu file > merge
(cari file tangkai apel yang baru dikerjakan)
klik open
klik tombol all, lalu ok

Rubah tampilan perspective viewport menjadi Camera01 viewport

Tekan M pada keyboard Klik kanan pada sample material dan pilih 5x3 sample windows

Seret dan drag sample material bernama Shiny apple ke object apple

Cek rendering > Render
Pilih pada viewport:
Camera01 dan pilih tombol Render.

Tutup jendela sample frame.

Jalankan animasi yang pernah dibuat sebelumnya dengan menekn tombol play

Klik drag track ball pada 50/160 ke 100/160, dan pindahkan 80/160 ke 140/160

Lakukan rendering
Pilih menu rendering > Render

pilih time output pada active time segment 0 to 160, atau range 0 to 100

Pilih output size 640x480 
Klik tombol files ..
Beri nama masing-masing dan pastikan formatnya adalah *.AVI
Klik tombol save ..

Pada jendela Video compression, biarkan compressor pada settingan default (Cinepac codec by Radius), lalu klik ok 

Partikan viewport Camera01, lalu tekan tombol render.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar