Tutorial
Praktikum Renderasi dan animasi
Buka aplikasi 3dsmax
Buka pekerjaan terakhir yang dikerjakan.
Klik bola pingpong pada viewport.
Klik tombol Animate/AutoKey.
Pada main toolbar, klik Select and Move.
Jika sumbu Z berwarna kuning pindahkan bola pingpong ke atas (baru saja menentukan key untuk bola pingpong pada frame 0).
Geser time slide ke frame 15, lalu pindahkan bola ke bawah ke atas meja. (gunakan kotak diaog Transform Type-In untuk menempatkan bola tpat di atas meja).
Klik kanan select and Move (memunculkan kotak dialog Transform Type-In).
Masukkan nilai = 0'2" untuk sumbu Z (menempatkan bola tepat diatas meja).
Tutup kotak dialog Transform Type-In.
Pastikan bola masih dalam keadaan terpilih. Tekan SHIFT. Pada track bar, clone/copy key dari frame 0 ke frame 30.
Tekan play untuk memainkan animasi.
Pada time controls, klik time configuration.
Pada kotak dialog Time Configuration, tentukan End time = 30.
Mainkan animasi. Bola bergerak naik turun.
Mengatur pergerakn bola agar terlihat lebih realistis perlu mengatur interpolasi.
Dari Views menu: Klik show Ghosting
Pindah ke menu Costumize > Preference > Tab Viewport lalu ganti ghosting frame menjadi 4 dan display Nth frame menjadi 4.
Pilih bola lalu geser Time Slider ke frame 14 mainkan animasi
Mengatur InBetween
Klik kanan Key Track bar pada frame 14 dari menu pilih bola pingpong Position
Ganti nilai In intuk keyframe 2 menjadi fast In.
Gani nilai Out pada keyframe 2 menjadi Fast Out.
gunakan tanda panah pada kotak dialog, ganti keyframe 2 menjadi keyfram 1.
Ganti Interpolasi Out pada keyframe 1 menjadi Slow Out. (Hal ini membuat bola menggantung/berhenti sejenak diudara sebelum mulai to descend).
Ganti Interpolasi In pada keyframe 1 menjadi Slow In.
Lanjutkan pada keyframe 3, lalu tentukan nilai In menjadi Slow In.
Masih pada keyframe 3 ganti interpolasi Out menjadi Slow Out.
Mainkan animasi (sekarang bola memantul dengan benar).
Tutup jendela Bola pingpong Position.
Non-aktifkan tombol Animate.
Klik menu Rendering.
Pilih Render.
Atur Time Output pada Active Time Segment: 0 To 30 atau Range: 0 To 30.
Pilih Output size 640x480
Pilih tombol Files...
Beri nama masing-masing.
Pastikan formatnya adalah *.avi.
Aur compressor: pada default yang ada (Cinepak Codec by Radius).
Klik OK.
Tentukan jenis tampilan pada Viewport: Perspective.
Lalu klik tombol Render.
Simpan pekerjaan dengan nama masing-masing. pastikan format penyimpanan adalah *.max.
Buka aplikasi 3dsmax
Buka pekerjaan terakhir yang dikerjakan.
Klik bola pingpong pada viewport.
Klik tombol Animate/AutoKey.
Pada main toolbar, klik Select and Move.
Jika sumbu Z berwarna kuning pindahkan bola pingpong ke atas (baru saja menentukan key untuk bola pingpong pada frame 0).
Geser time slide ke frame 15, lalu pindahkan bola ke bawah ke atas meja. (gunakan kotak diaog Transform Type-In untuk menempatkan bola tpat di atas meja).
Klik kanan select and Move (memunculkan kotak dialog Transform Type-In).
Masukkan nilai = 0'2" untuk sumbu Z (menempatkan bola tepat diatas meja).
Tutup kotak dialog Transform Type-In.
Pastikan bola masih dalam keadaan terpilih. Tekan SHIFT. Pada track bar, clone/copy key dari frame 0 ke frame 30.
Tekan play untuk memainkan animasi.
Pada time controls, klik time configuration.
Pada kotak dialog Time Configuration, tentukan End time = 30.
Mainkan animasi. Bola bergerak naik turun.
Mengatur pergerakn bola agar terlihat lebih realistis perlu mengatur interpolasi.
Dari Views menu: Klik show Ghosting
Pindah ke menu Costumize > Preference > Tab Viewport lalu ganti ghosting frame menjadi 4 dan display Nth frame menjadi 4.
Pilih bola lalu geser Time Slider ke frame 14 mainkan animasi
Mengatur InBetween
Klik kanan Key Track bar pada frame 14 dari menu pilih bola pingpong Position
Ganti nilai In intuk keyframe 2 menjadi fast In.
Gani nilai Out pada keyframe 2 menjadi Fast Out.
gunakan tanda panah pada kotak dialog, ganti keyframe 2 menjadi keyfram 1.
Ganti Interpolasi Out pada keyframe 1 menjadi Slow Out. (Hal ini membuat bola menggantung/berhenti sejenak diudara sebelum mulai to descend).
Ganti Interpolasi In pada keyframe 1 menjadi Slow In.
Lanjutkan pada keyframe 3, lalu tentukan nilai In menjadi Slow In.
Masih pada keyframe 3 ganti interpolasi Out menjadi Slow Out.
Mainkan animasi (sekarang bola memantul dengan benar).
Tutup jendela Bola pingpong Position.
Non-aktifkan tombol Animate.
Klik menu Rendering.
Pilih Render.
Atur Time Output pada Active Time Segment: 0 To 30 atau Range: 0 To 30.
Pilih Output size 640x480
Pilih tombol Files...
Beri nama masing-masing.
Pastikan formatnya adalah *.avi.
Aur compressor: pada default yang ada (Cinepak Codec by Radius).
Klik OK.
Tentukan jenis tampilan pada Viewport: Perspective.
Lalu klik tombol Render.
Simpan pekerjaan dengan nama masing-masing. pastikan format penyimpanan adalah *.max.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar