Langkah-langkah Pembuatannya
Buka aplikasi 3dsmax
Buka pekerjaan terakhir.
Pilih objek dinding.
Tekan M pada keyboard
Pilih sampel material pertama.
Klik tombol Standard.
Pilih Radio Mtl Library.
Dari daftar list pilih material Concrete Blue Stuco, lalu klik OK
Pilih icon Assign Material To Selection.
Kecilkan jendela Material Editor.
Render pada tampilan Perspective Preview.
Ulangi untuk ,lantai dengan material Wood pada sampel material box kedua, dan label nama pada sampel material box ketiga.
Tutup Material Editor.
Aktifkan Perspective Viewport.
tekan C untuk menggantinya menjadi Camera Viewport.
Beralih ke Top Viewport.
Pilih Target Camera dan letakkan ditengah ruang.
Perhatikan pergerakan pada Camera01 Viewport.
Kembali pada top Viewport pilih Camera dan geser menjauh sehingga seluruh ruang tampak pada Camera01 Viewport.
Pada left atau front Viewport atur ketinggian dari camera, hingga seluruh ruang tampil pada Camera01 Viewport.
Lakukan pembesaran Zoom Extents pada Top Viewport.
Tekan tombol Animate.
Geser roll dari 0/100 ke 50/100 apda Top Viewport pilih camera dan geser ke sebelah kanan.
Non aktifkan tombol Animate.
Pilih icon Zoom Extents All.
Jalankan tombol Play dan perhatikan pergerakan setiap Viewport.
Pilih camera pada salah satu Viewport.
Geser roll pada posisi 0/100. Tekan Shift+Ctrl dan klik drag key frame pada 0/100 untuk menduplikatnya ke key 80/100.
Coba jalankan tombol Play, dan perhatikan jika animasi camera bergerak dan kembali ke posisi awal.
Pilih menu rendering > Render.
Pada jendela render Scene pilih Active Time Segment 0 To 100 atau isi range dari 0 To 100 untuk Time Output.
Untuk Output Size pilih 640x480 atau ketik pada Width 640 dan Height 480.
Klik tombol Files pada Render Output.
TEntukan folder menyimpan dan beri nama masing-masing, pastikan format penyimpanan adalah *.avi, lalu klik tombol Save.
Pada jendela Video Compression, biarkan settingan default Cinepak Codec by Radius, lalu klik OK.
Pastikan pada bagian Viewport adalah Camera01, lalu klik tombol Render.
Setelah selesai merender, tutup jendela Render, ttup jendela Render Scene.
Pilih menu File > Save As.
Di simpan dalam file *.max dan *.aviBuka pekerjaan terakhir.
Pilih objek dinding.
Tekan M pada keyboard
Pilih sampel material pertama.
Klik tombol Standard.
Pilih Radio Mtl Library.
Dari daftar list pilih material Concrete Blue Stuco, lalu klik OK
Pilih icon Assign Material To Selection.
Kecilkan jendela Material Editor.
Render pada tampilan Perspective Preview.
Ulangi untuk ,lantai dengan material Wood pada sampel material box kedua, dan label nama pada sampel material box ketiga.
Tutup Material Editor.
Aktifkan Perspective Viewport.
tekan C untuk menggantinya menjadi Camera Viewport.
Beralih ke Top Viewport.
Pilih Target Camera dan letakkan ditengah ruang.
Perhatikan pergerakan pada Camera01 Viewport.
Kembali pada top Viewport pilih Camera dan geser menjauh sehingga seluruh ruang tampak pada Camera01 Viewport.
Pada left atau front Viewport atur ketinggian dari camera, hingga seluruh ruang tampil pada Camera01 Viewport.
Lakukan pembesaran Zoom Extents pada Top Viewport.
Tekan tombol Animate.
Geser roll dari 0/100 ke 50/100 apda Top Viewport pilih camera dan geser ke sebelah kanan.
Non aktifkan tombol Animate.
Pilih icon Zoom Extents All.
Jalankan tombol Play dan perhatikan pergerakan setiap Viewport.
Pilih camera pada salah satu Viewport.
Geser roll pada posisi 0/100. Tekan Shift+Ctrl dan klik drag key frame pada 0/100 untuk menduplikatnya ke key 80/100.
Coba jalankan tombol Play, dan perhatikan jika animasi camera bergerak dan kembali ke posisi awal.
Pilih menu rendering > Render.
Pada jendela render Scene pilih Active Time Segment 0 To 100 atau isi range dari 0 To 100 untuk Time Output.
Untuk Output Size pilih 640x480 atau ketik pada Width 640 dan Height 480.
Klik tombol Files pada Render Output.
TEntukan folder menyimpan dan beri nama masing-masing, pastikan format penyimpanan adalah *.avi, lalu klik tombol Save.
Pada jendela Video Compression, biarkan settingan default Cinepak Codec by Radius, lalu klik OK.
Pastikan pada bagian Viewport adalah Camera01, lalu klik tombol Render.
Setelah selesai merender, tutup jendela Render, ttup jendela Render Scene.
Pilih menu File > Save As.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar